Manfaat Pelajaran Mengetik

Oleh: Eko H Setianto *)

Dulu saya sering menjumpai orang-orang yang cenderung fanatik dengan bidang ilmu tertentu, dan meremehkan bidang ilmu yang lain. Saya tidak akan menyebut bidang apa saja yang diagungkan itu. Saya khawatir nanti ada yang tersinggung :x dan menyeret saya ke pengadilan. :lol:

Mari kita ambil satu contoh pelajaran, yaitu soal mengetik. Di sekolah tertentu, mengetik menjadi salah satu menu ketrampilan yang diajarkan. Di luar itu, banyak juga lembaga kursus yang menawarkan jasa ketrampilan mengetik ini.

Bagi sebagian orang, pelajaran atau kursus mengetik seperti terlihat remeh dan tidak bermanfaat. Mereka pikir, apa yang bisa dilakukan dengan mengetik? Cuma menekan-nekan tombol tuts/keyboard, membuat surat, mengetik lagi, mengetik lagi berulang-ulang, begitu seterusnya. Hmm…, benar-benar membosankan! :(

Saya bisa memahami mengapa mengetik terasa membosankan, dan kemudian divonis mati tidak menarik, apalagi bermanfaat. Bagi saya, mengetik sangat menyenangkan, dan terasa sekali manfaatnya. Sebagai seorang penulis, ketrampilan mengetik cepat sangat membantu. Saya bisa lancar menulis dan menyelesaikan naskah buku lebih cepat, dan yang tidak kalah penting, menyenangkan. Ya, rasanya tidak berlebihan kalau saya sebut menyenangkan. Sebab, semakin cepat saya mengetik, semakin lancar ide di benak saya mengalir, dan semakin bersemangat saya untuk menyelesaikan tulisan-tulisan yang sedang digarap.

Selain itu, kemampuan mengetik cepat menurut hemat saya juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kredibilitas. Orang akan menilai kita sebagai penulis hebat dan profesional lantaran mahir mengetik dan menulis dengan cepat.

Sebagai penulis blog, ketrampilan mengetik cepat juga sangat membantu. Menulis artikel baru, membalas komentar pembaca, browsing, dan sebagainya, semuanya jadi terasa mudah.

Jika Anda gemar browsing di internet, ketrampilan mengetik cepat akan lebih terasa manfaatnya. Tidak percaya? Bayangkan berapa lama Anda harus duduk di warnet dalam sekali kunjungan? Semakin lama, tentu ongkos sewa warnet akan semakin mahal. Kalau Anda bisa mengetik cepat, kegiatan browsing, kirim email, chatting, dan segala aktivitas di internet akan semakin cepat. Dus, Anda tidak perlu lama-lama nongkrong di warnet dan mengeluarkan ongkos lebih mahal.

Jadi…, masih berani meremehkan pelajaran mengetik? :)

*) Penulis buku kisah hidup (biografi, autobiografi, dan memoar). Sering menggunakan jurus 10 jari sewaktu menulis buku. E-mail: eko.setianto@gmail.com

3 thoughts on “Manfaat Pelajaran Mengetik

Leave a Reply

